Juli 03, 2009

SANG PEMIMPI





Setelah sukses dengan film Laskar Pelangi, sutradara Riri Riza akan kembali menggarap film karya novel Andrea Hirata lainnya, yakni Sang Pemimpi. Riri dan Mira Lesmana saat ini mengaku tengah mempersiapkan naskah untuk film tersebut.

"Saat ini kita sudah mulai membuat naskah film kita yang berikutnya. Kebetulan masih dari novel yang dikarang oleh Mas Andrea Hirata yaitu Sang Pemimpi. Mengenaii waktunya kapan? Saya pikir kita masih harus garap dulu naskahnya. Kalau sudah rampung, baru kita produksi," ujarnya kepada wartawan.

Riri memprediksikan film Sang Pemimpi kemungkinan akan mulai diproduksi pada tahun 2009 nanti.

Seperti halnya film Laskar Pelangi, Riri mengatakan bahwa pihaknya akan kembali melibatkan wajah-wajah lokal dalam filmnya tersebut.

"Saya melihat Babel (Bangka Belitung) salah satu gudang pemain-pemain film yang potensial. Ikal dan kawan-kawan merupakan bukti bahwa kekuatan film Laskar Pelangi adalah keluar-biasaan peran anak-anak tersebut," tegasnya.

Mira juga mengakui hal itu. Menurutnya pengalaman bekerjasama dengan warga lokal ternyata memiliki sensasi tersendiri. Tokoh-tokoh kecil di film Laskar Pelangi merupakan satu contoh sukses keberhasilan film tersebut bahwa mereka juga punya talenta.

Untuk filmnya ke depan, sejumlah lokasi pun kini sudah mulai dilirik. "Kemungkinan kita akan cari lokasi lain tetapi tetap di Bangka. Bisa saja di Belinyu yaitu dekat Pha Kak Liang atau lokasi lain seperti Muntok," ujar Riri.

Dalam kesempatan yang sama, Lukman Sardi, pemeran Ikal (dewasa) dalam film Laskar Pelangi mengaku terpikat dengan akting para pemain lokal. Menurutnya dunia perfilman Indonesia sedang memiliki fenomena peran baru yang sangat natural dan progresif dengan kehadiran wajahwajah lokal Babel.

"Ada sesuatu yang baru dalam dunia perfilman kita. Muncul wajah-wajah lokal yang ternyata tak kalah bagusnya dengan artis-artis) Jakarta. Masyarakat Babel harusnya bangga atas karunia ini. Kami harap akan lahir Ikal atau Aling baru di Babel kemudian hari," tandas Lukman, yang hadir memberikan coaching clinic bersama Mathias Muchus dan Rio Wikana.

Sementara, data yang berhasil direkap dari seluruh bioskop di Indonesia, jumlah penonton film Laskar Pelangi sudah mencapai 3,75 juta orang.