Oktober 30, 2011

Holliday Part 1 (KUDUS)

heyho readers! setelah berkutat dengan foto dan beberapa kejadian yang bikin galau semasa liburan kemarin, its time for me to share our stories bout this trip. karena ada tiga daerah yang kita kunjungin maka cerita ini bakalan gue bagi menjadi tiga bagian. part one its all bout KUDUS, part two about KARIMUN JAWA and the last part is bout SEMARANG.

jadi kenapa tiba-tiba kita bisa nyangsang di 3 daerah tersebut itu bukan tanpa alasan. niat awal adalah "YUK! cepetan beresin skripsi, terus kita capcus jalan-jalan!" nah jadi liburan ini emang kita rencanain buat liburan setelah kita wisuda. awalnya kita cuman berencana jalan2 kerumah temen gue Goday, dia anak kost di jakarta ini, jd pengen main sekaligus silaturahmi ke rumahnya di Kudus. nah karena bingung mau kemana alhasil kita searching2 daerah wisata yang deket dari kudus dan munculah ide ke Semarang dan Karimun Jawa, dengan amunisi dan budget se-ada-nya (re: murahmeriah). setelah ngomong kesana-kesini mempromosikan rencana ini, alhasil yang confirm jalan cuma gue, Goday, Bunind, Bin2, Megol dan Agung.

Hari keberangkatan, Sabtu tanggal 15 Oktober 2011, tiket kereta ekonomi jurusan Semarang yang udah dibeli seminggu sebelumnya sudah ditangan, berangkat pukul 21.30. abis magrib anak2 udh pada kumpul dirumah gue buat siap2 berangkat di jemput Bunind Cs menuju stasiun Senen. berangkat dari Jakarta kita dapet tambahan temen yaitu si Merry, temennya Goday yg sekalian bareng mau pulang ke Kudus.

Perjalanan 7 jam di keretan bukanlah hal yang mudah dilalui, terutama buat cewek yang overaktif (baca: pecicilan) kaya gue, hehe. pinggang rasanya mau patah kelamaan duduk, setiap mau merem, kaget denger suara kereta yang ketemu lewat, atau suara kereta lewat jembatan yg ada kali nya. ditambah nih ya, itu posisi tempat duduk enggak enak banggget. depan gue ada kakek2 dan dua mas-mas. nyadar banget kayanya mereka gue gak betah duduknya, karena bentar2 gue bakalah tukeran posisi sama bunind atau megol, entar gue dipojok, entar ditengah, entar dipinggir, dan beberapa jam terakhir sebelum stasiun pocol Semarang, gue berdiri depan toilet, diri ajah gak ngapa2in sambil ngeliat-liat pemandangan di jendela yang ciamik,sunrise bikin siluet orange sepanjang pantai.

kita sampai di stasiun poncol Semarang hari Minggu jam 6 pagi. kemudian bersiap ke loket tiket. bukann.. bukan mau pulang lagi... tapi kita mau ngecek jadwal untuk pulang hari sabtu yang akan datang. setelah urusan tiket pulang selesai, kita ber7 naik omprengan ke arah terminal, dan dari terminal kita naik bus yang lewat pasar kliwon, daerah rumahnya Goday. Yap! our first destination is Goday's Home. kurang lebih jam 8 pagi kita udah sampai rumah Goday, beres2 dan bersih2 terus lanjut tidur.

petualangan dimulai jam 3 kita udah pada rapih. bersiap untuk mengelilingi kota kecil penghasil rokok ini. kita jalan ke arah pasar kliwon dan naik becak ke arah menara suanan Kudus. ini dia loh masjid yang sering jadi cover buku sejarah SMA gue.hehe. Masjid Kudus/Menara Kudus ini emang trade mark kota kudus. kalo lo perhatiin lambang pemerintahan kota kudus, maka gambar menara ini juga ada disana. ciri khas bangunan2 pemerintahan yang ada di kota ini juga keliatannya memang di desain menyerupai Menara kudus ini. karena gue gak pake baju muslim kesananya, jadi kita agak jiper gak berani masuk ke makam sunan Kudus, even gak ada tulisannya juga sih yang ngewajibin. hehe.
setelah dari Masjid Kudus, kita lanjut jalan kaki menuju alun-alun kota Kudus. sekalian bin2 yang sakit mata mau nyari apotik buat beli obat antibiotiknya. Diperlajalan, Goday ngunjukin kita rumah kembar yang jadi buah bibir di Kudus. Kenapa dibilang kembar karena desain arsitektur nya sama, cuman rumah ini di pisahkan oleh kali di sampingnya. Katanya nih ya, yg punya rumah ini org kaya yang ada di kudus dan rumah ini ada “sesuatu”nya. I dunno is it true or not, namanya juga gosip. Hehe
rumah kembar

sampe di alun-alun pas waktunya solat magrib, jadi kita ngaso dan solat dulu deh di Masjid Agung Kudus. Selesai solat kita nongkrong di lapangan alun-alun sambil ngeliatin beberapa orang yang lagi latihan baris-berbaris. setelah puas ampe ngantuk-ngantuk hampir tidur di lapangan kerana angin sepoy-sepoy, kita lanjut makan Soto Kudus, ini nih moment yang paling ditunggu-tunggu dari Kudus. Kita memilih makan Soto Kudus Ibu Ramidjan yang gak jauh lokasinya dari alun-alun. dideket situ ada juga loh Soto Kudus Pak Ramidjan, setelah gue tanya ke penjual ternyata pak Ramidjan adalah adik dari Bu Ramidjan. hmmm.. setelah makan kita lanjut jalan kaki menuju rumah Goday. olahraga sekaligus nurunin lemak. hehehe.
cukup jalan-jalan hari itu, kita mesti siapin tenaga karena besok pagi kita harus siap-siap bangun berangkat ke pelabuhan jepara. Karimun Jawa Here we Come!!!!
masjid agung Kudus

lapangan alun-alun Kudus

soto ibu Ramidjan.. nyam!

perhitungan biaya
tiket KA jakarta-semarang : Rp. 33.500/org
ongkos Omprengan : Rp. 5000/org
ongkos bus ke kudus : Rp. 7000/org
Becak ke Menara Kudus : Rp. 12.000/3orang
Soto Kudus : Rp 7000+ 3000 (minum)