November 02, 2011

Holliday Part II (Karimun Jawa)

Haloha.. YOU!
november is coming, so this year almost over guys..
and i wanna asking with all of u who read dis blog. whats ur amazing moment this year? for me theres three moment. first is i watching PARAMORE concert, second is my graduation, and the third is... hmm.. this is a stories begun bout that..

KARIMUN JAWA ISLAND TRIP, this is one of the amazing moment for me in this year!
peta kepulauan Karimun Jawa

Karimun jawa berada di kawasan Jawa tengah, tepatnya di kabupaten Jepara. i know theres many island in Indonesia have a beautiful landscape. dan karimun jawa adalah salah satunya. setelah mengecek jadwal kapal, gue dan temen2 berangkat hari senin, tanggal 17 oktober 2011. why we must check that schedule, ini dikarenakan jadwal kapal ke karimun jawa gak setiap hari ada. jadwal kapal normalnya selang-seling. misal berangkat dr jepara senin, rabu, jumat, maka kapal kembali dr karimun jawa adalah hari selasa, kamis, sabtu. itu normalnya. karena lo gak bisa memprediksi bagaimana keadaan cuaca laut dan ombak pada waktu itu. just for your information, November adalah jadwal kapal docking, so gak ada jadwal kapal ke karimun.

sebelumnya kita udah janjian dengan tour guide yang akan menemani kita selama disana. kalo lo bertanya-tanya kenapa mesti pake tourguide pdhal konsep jalan2 yang mau gue lakuin adalah backpacker. jd fungsinya sendiri ini sih, lebih ke guide ketika kita snorkling, berhubung tak satupun dari gue dan temen2 yang bisa renang. janjian dengan tourguide yang punya nama Yovi ini di pelabuhan jepara jam 6 pagi. singkat cerita sampai dipelabuhan jam 6 lewat dikit karena jarak kudus jepara sebenernya deket, menempuh waktu perjalanan kurang lebih 1 jam. sampai di pelabuhan kita langsung ngurusin tiket KMP muria untuk kelas ekonomi dengan harga 31rb saja/org. lama perjalanan dari Jepara ke Karimun Jawa menggunakan KMP Muria adalah 6 jam. sebenrnya ada alternatif kapal yang lebih cepat, pastinya dengan cost yang lebih mahal. buat yang mabok laut, siapin antimo plis!
narsis di pelabuhan Jepara, dan foto KMP Muria

sampai di Karimun Jawa jam 3, kita langsung dijemput mobil angkutan untuk dianterin ke homestay, sebenernya jarak dr homestay yg gue tempatin gak jauh2 amat, yah kl jln sekitar 10 menitan. tp karena gue mabok laut abesss, trus keliyengan gak sanggup jln jd kita memutuskan untuk naik angkutan yg udah disiapin sm tourguide kita :)
Pelabuhan Karimun Jawa

Liandri. thats name of our homestay. tempatnya enak dan nyaman lo bisa masak sendiri, minum kopi, atau teh sudah disiapkan, tinggal buat sendiri ajah. dihomestay juga ada tipi dan motor(dpt disewa kl mau pake). sampai di homestay, kita cuman beres2 leha-leha dan sore kita nongkrong di dermaga, hunting sunset dan ngeliat org mancing. kebetulan homestay kita deket sama alun-alun dan dermaga, jadi sore2 selain bisa cari makan di deket dermaga, lo juga bisa nonton pemuda karimun jawa yang tanding bola di lapangan bola alun-alun.. ejiyeehh.. yg pake jersey jerman siape tuh! :P
Liandri Homestay

Hari kedua. preparing for snorkling, pagi2 kita udh bangun. sebelumnya gue dan yovi (tourguide) jalan buat beli ikan yang akan dibakar dipulau yang nantinya bakal kita datengin abis snorkling, tempat beli ikan juga gak jauh kok, lurus belok kanan, plok! nyampe deh.. haha. jam 9 kita udah siap di dermaga, dan menuju ke perahu yang akan nganterin kita snorkling.
narsis di perahu menuju ke spot snorkling pertama, P. Menjangan

First destination, Pulau Menjangan. this is the first time snorkling for me. agak ribet sih awalnya make google, dan kaki katak itu, kok bawaannya nelen aer laut mulu. asin broh! yaiyalah.. menurut loh.. hehe. tapi akhirnya penyesuaian itu lancar juga. ngeliat pemandangan laut yang keren, banyak ikan laut yang gue gak ngerti jenisnya apa. buat lo yang pengen dikelilingin sama ikan jangan lupa bawa roti buat dikasih ke ikan2nya, dan hati2 banyak banget buluh babi.
hasil kamera aquapix saat snorkling. susah ngambilnya jadi begitu deh hasilnya.. :(

setelah snorkling dipulau menjangann kita lanjut snorkling ke spot yang berbeda. next destination adalah pulau Cemara besar. di pulau ini kita gak snorkling melaikan cuman jalan-jalan dan foto2 santai di pulau kecil yang gak berpenghuni ini. pulau ini dikelilingin pasir putih. ombak di pulau ini cenderung besar. banyaknya ranting pohon dan daun2 yang guguran di pasir bikin pulau ini keliatan lebih eksotik. asekkk.. di pulau ini kita di unjukin yovi ikan nemo dan rumhnya, si nemo masih kecil banget, kurang lebih 2 kali ibu jari besarnya. cuman nemo ini malu2 jadi ngumpet terus didalem rumahnya, susah banget ngambil gambarnya.
di pulau cemara besar

setelah dari cemara besar kita lanjut spot snorkling kedua, yaitu di pulau cemara kecil. jarak yang jauh dan ombak yang cukup besar menuju pulau ini bikin gue, lagi-lagi kena mabok laut. OMG! #notetomnyself kalo mau snorkling perut diisi yang bener, karena perut gue yang kosong jadi gue cepet banget pusing. snorkling di tempat kedua ini cenderung banyak adegan seru. Bunind yang kena karang di cemara besar memutuskan untuk gak ikut snorkling, gue yang masih pusing tetep kekeh turun snorkling. alhasil pas turun perut rasanya enek banget pengen muntah. temen2 gue yang lain juga kayanya udh kecapean, wktu menunjukkan pukul satu siang kalo gak salah. akhirnya snorkling cuman sebentar, terus kita balik ke perahu. balik keperahu aje yah penuh perjuangan, gue udh gak ada tenaga ngelawan ombak yang lumayan kenceng disitu, dan kok keliatannya posisi gue jauh banget dr perahu. alhasil gue cuma pasrah pegangan sama goday dan bin2 dan mereka pegangan lagi ke Yovi. Yah! Yovi is our baywatch.. haha. gue rasa si Yovi juga udh keberatan bawa gue, bin2,dan goday. makanya dy bilang "itu kakinya sambil maiinin mbak.." biar lebih cepet gitu maksudnya sampe perahu, oh ok! tp gue rasanya udah lemes bgt disitu, karena pusing mabok laut. sampe diperahu, DANG! gue muntah-muntah.. alhasil perjalanan menuju ke pulau selanjutnya gue merem, berusaha biar gak muntah saking pusingnya.

Sampe di pulau keempat yaitu pulau Ujung Gelam. pulau ini ternyata sisi lain dr pulau Karimun jawa. disini lebih ramai, banyak perahu yang singgah, karena disini banyak yang jual makanan dan minuman. di pulau inilah kita makan pisang goreng, pesen teh manis hangat, dan bakar ikan. OH tuhan,, Ikan Kue yang tadi pagi gue beli sama yovi itu keliatan enak banget setelah dibakar, tapi perut gue gak mau nerima, masih enek abis mabok laut. setelah dikasih bapak pembawa perahu (istilah buat sopir perahu apa ya?) antangin, maka perut gue muali enakan, dan masuk beberapa suap nasi. tapi tetep ajah ikan kue nya belom terasa enak dimulut. hiks.. :(
setelah makan selesai kita lanjut ngelilingin pulau ini, yah gak keliling juga sih cuman jalan2 dan foto2. di pulau ini juga kita ketemu lagi sama si "Mr. Bonus satu" Zzzz -___-"
di P. Ujung Gelam

setelah isi perut kita lanjut di ajak ketempat penangkaran ikan hiu. ini cool! pertama kalinya gue snorkling brg ikan hiu. awalnya ngeri banget, secara si Yovi sebelum kita turun ngasih makan ikan hiu itu pake ikan. nah hiu nya pada gesit banget nangkep ikan. JIPER MENDADAK! jadi turun gak.. jadi.. enggak.. jadi..enggak.. tapi akhirnya gue putusin turun, kapan lagi berenang bareng hiu. setelah dari hiu, kita pualng kembali ke home stay, beres2 dan seperti biasa, menunggu senja di dermaga sambil liat orang yang main bola.. ehhehehe
snorkling bareng hiu

Hari ke 3 di Karjaw, kita gak ke laut. udah cukup buat gue kelautnya. selain membuat kulit hitam, alasan utama gak kelaut lagi adalah mabok laut. errgghhh..
akhirnya yovi ajak kita ke nirvana lodge, tempat ini semacam cottage yanng belum berpenghuni gitu, atau memang sepi karena itu bukan hari libur. nirvana lodge tepat menghadap ke laut, pasir putih, dan ombak yang lebih besar dibanding ombak di deket hoomestay. ada tebing yang tinggi disitu dan gazebo untuk santai2 seharian disitu. kita disitu cuman foto-foto, ngobrol dan foto lagi. :P
jam 2 kita balik ke homestay, istirahat sebentar, sore hari kita liat agung dan yovi main bola di lapangan alun-alun. gue mesen ikan bakar, dan sambil nunggu ikan bakan gue keliling hunting foto sendirian. Bunin mesen pecel/lentog gitu deh yang rasanya enak dan harganya murah. oke iikan bakan yang gue pesen adalah pembalasan dendam gue makan yang belom makan Ikan Kue dengan nikmat. dan bumbu ikan bakar di dermaga yang gue pesen maknyoss sekali, alhamdulillahlahh.. sore itu kita habiskan dengan makan di dermaga, liat orang main bola di lapangan, dan lagi-lagi hunting sunset. and this is the last sunset, we must back to Jepara tommorow.
di Nirvana Lodge

Malemnya kita pergi ke Amore Cafe, pemandangannya bagus. FYI, kalo lo lagi galau plis banget jgn ke Amore. ini tempat paling asik banget buat galau. hahaha.
menghadap kelaut, dengan beberapa Gazebo dan ayunan kayu, pesen hot chocolate, dan dengerin musik blues/Jazz yang diputer. HUH lengkap sekali suasana galau lo kann..
one of my fav things bout this cafe adalah, jejeran foto musisi jazz/blue indonesia sampai mancanegara yang menghiasi dinding didalam cafe ini. si empunya gue yakin punya selera musik yang tinggi, gue sempet ngintip beberapa koleksi piringan hitam di cafe ini. COOL HA! so.. we spend our last nite at this cafe with playin UNO.
Amore Cafe

Hari ke 4, pagi-pagi jam 3 gue udah mandi, setel tipi ada siaran delay bola. hmmm gue lupa pastinya yang tanding apa lawan apa, secara nontonnya gak fokus karena sambil ngeringin rambut, hehehe. setengah 5 kita udah siap menuju ke NIrvana Lodge, kita udah janji sama yovi mau ngejar Sunrise. tapi sayang banget, cuaca hari itu kurang kece menurut gue untuk melihat sunrise. mataharinya ketutup awan,jadi kurang ciamik dan apik. so we must go back to Homestay, and back to pelabuhan..

sunset di karimun jawa dr hari pertama (kiri-kanan)

Karimun Jawa, We gonna miss all in there.. and i must go back one day! noted!

perincian biaya:
tiket KMP Muria kelas ekonomi : Rp. 31.000/org
beli Ikan (ikan Kue dan Ikan tongkol) : Rp. 27.000
Sewa perlengkapan snorkling : Rp. 35.000/org
Sewa perahu : Rp. 300.000/hari
biaya sandar pulau Ujung gelam : Rp. 10.000
biaya snorkling brg hiu : Rp. 5000/org
Biaya masuk Nirvana Lodge : Rp. 10.000/org ( harga asli 12.000, tapi kalo gak ada yg jaga gak usah bayar katanya)
penginapan : 60.000/kamar/malam (satu kamar isi 2 orang)

my tweets bout #KarimunJawa
  • #KarimunJawa yang mungkin bisa lo jadiin acuan kalo lo mau kesana. lets check it out!
  • di #KarimunJawa makanannya murah-murah gak mahal, padahal daerah wisata
  • marsyarakatnya baik2, ramah, jujur dan iklas banget ngebantuin #KarimunJawa
  • #KarimunJawa ditetapkan sebagai Taman Nasional pada tahun 1999 dengan area meliputi 22 dari eseluruhan 27 pulau yang ada
  • dr pelabuhan Jepara ke pulau #KarimunJawa menggunakan KMP Muria dengan waktu tempuh 6 Jam
  • yang mau foto prewedding, NAH! disini tempatnya #KarimunJawa
  • lautnya cenderung tenang dan gak besar, jadi gak cocok buat yang mau surfing. sorry.#KarimunJawa
  • wisata favorit gue di #KarimunJawa adalah snorkling bareng ikan hiu. berani nyoba?
  • wisma apung adalah alternatif tempat tinggal di #KarimunJawa yang ada ditengah laut, namun terletak di laut yang gak ada arusnya, jadi aman.
  • di wisma Apung begitu lo buka jendela, Ikan hiu ada depan mata lo! Cool HA? #KarimunJawa
  • Tapi Wisma Apung tidak menerima tamu ketika arus laut lagi pasang, karena sebagian besar lantainya akan banjir #KarimunJawa
  • Jangan dateng ke #KarimunJawa sekitar bulan Juni-Juli karena arusnya lagi gak santai
  • Dont forget to bring ur underwater camera and bread if you wanna go snorkling #KarimunJawa
  • Kapal yang dtg ke #KarimunJawa itu gak setiap hari ada, jadwalnya bisa berubah2 tiap waktu,jgn lupa cek jadwalnya sebelum berangkat
  • di #KarimunJawa pemadaman listrik tiap hari ada dengan jadwal dari jam 6-9 pagi dan 3-6 sore
  • paling penting dari snorkling di #KarimunJawa jgn bawa/mengambil apapun dr yg ada di laut dan jgn buang sampah ke laut. Be Enviromentally aware!
  • Kalo bawa mobil ke #KarimunJawa mahal biaya penyebrangannya, mending sewa motor atau sepeda disini, murah meriah :D
  • #KarimunJawa punya puskesmas keliling berupa kapal motor cepat, untuk sesuatu yang urgent ke jepara dengan waktu temph hanya 1,5 jam saja.
  • andaikan kapal puskesmas itu adalah transportasi umum dr Jepara ke #KarimunJawa alanngkah bahagianya gue gak kena mabok laut
  • disini motor di parkir gitu ajah, kadang suka gak dikunci, kata masyarakatnya, "siapa yang mau ngambil mbak?" #KarimunJawa
  • Kece nih pemandangannya, thats whytour guide kita niat abis dr kmrn maksa ke Amore Cafe, tapi baru kesampean hari ini #KarimunJawa
  • Main Uno sambil dengerin music jazz di pinggir pantai, di Amore Cafe in Last nite at #KarimunJawa
  • Jam segni jalanan di #KarimunJawa udh pd sepi, dr Amore Cafe keliatan KMP Muria yang baru dtg td sore dr Jepara bersandar
  • Buat info yg mau ke #KarimunJawa bulan nov, kapal hanya berperasi pd minggu pertama, karena selanjutnya kapal akan docking
  • c u later out "Jambu baywatch", "bonus satu", ibu bapak Liandri, dan senja di alun-alun :') #KarimunJawa
  • sampai jumpa lagi nemo pulau cemara besar, dan hiu rumah apung #KarimunJawa