Desember 18, 2012

Bali part 03 - Being a good Surfer, for a good Host!

Couchsurfing, tiba-tiba seperti angin segar ditahun ini buat gue. even gue udh lama punya account di situs ini, tp gue gak pernah bener-bener aktif., bhkan cenderung ya cuman punya account aja, thats it. belakangan gue liat benefit dari situs yang mempertemukan para traveler seluruh dunia ini. masih terheran-heran, kok ada yah yang mau ngasih tempat tinggal sm org yg gak dia kenal.
singkat cerita gue mulai mengisi lengkap profile gue. kemudian melihat2 gimana caranya biar eksis disitus satu ini. oke mari kita coba untuk nge-surf. surf adalah pilihan buat kita traveler yang mencari tempat tinggal (host). krn rencana mau ke bali, maka gue pikir coba ah kl cobain surf dibali. kalo biasanya para CS user yang mau surf harus bikin request yang berisi seperti apa host (tuan rumah) yg lo harapkan, bagaimana rencana lo selama tinggal, dll. nantinya request ini akan tampil dihalaman home suatu daerah yg rencananya akan lo kunjungi. tp gue memilih jalan lain. gue memilih langsung request ke orang yg menurut gue cocok buat jd host gue. mulailah searching sekitar bali, cekcek profile satu ke profile yang lain. menurut orang2 kl nyari host itu yg referencenya banyak, artinya host trsebut pasti lebih berpengalaman dan terjamin. tapi gue punya konsep lain, menurut gue justru yg baru dan blm byk pengalaman itu yg bakal jd host yg baik, krn mereka pasti masih excited dan bakal mentreat kita dengan baik.


setelah liat2, gue menemukan seseorang yg sepertinya cocok dijadikan host. entah gue nilai dr mana, mungkin dari isi profilenya, atau dari fotonya, atau referencenya. ah sudah lah saya lupa. tapi yg pasti takdirlah yang mempertemukan kami. Aiya lee, nama yg aneh buat seorang local dibali. usut punya usut doi ternyata org ternate, satu kampung dengan gue. do u think this is coincident? i dunno. dia adalah perantau ke bali dan pastinya traveller, thats why we meet in CS.
dari pagi aiya udah kirim dm di twitter dan smsan sm gue, buat mastiin jam brp gue dan nita dtg ke tempat dia dan mesti janjian dimana. karena dia sendiri lagi sibuk ngikutin workshop, takutnya kita dtg dia masih sibuk sm workshopnya, makanya dia ngabarin dulu. rencana awal sampe di tempat Aiya jam 4an, eh ternyata jam 10 malem aja gitu nyampenya disana. Jl. sahadewa, gak jauh dr pusat keramaian dan hiruk pikuk kuta, disitulah gue dan nita berlabuh, dikost Aiya. my First impression sm Aiya adalah "kayanya kita temen lama deh". yes, really. gue berasa kenal Aiya udh lama banget. Aiya jemput kita didepan minimart sahadewa dan anterin kita ke kostnya.

sampe dikostnya, Aiya ceritain macem2 soal bali. gue sempet nanya apa passion travelling nya. apa yg dia cari ketika travelling. jawabannya beda dari pada yang lain. dia blg, kl dia suka aja ngeliat dan ikutan berbaur dengan lingkungan tempat yg dia datengin. Aiya blg, ritual yg biasa dia lakuin setiap kali samapai dibandara suatu kota buat travelling adalah diem 10 menit, merhatiin org2 sekitanya jalan, cara berbicara, dll yg jadi kebiasaan penduduk daerah itu. abis itu dia juga bilang dia akan merasa sukses kalo dia berhasil nyasar. He's a really simple, easy goin, and humble person. setalah dia melakukan travelling dia bakalan nulis di blog pribadinya. Honestly, I already read his blog. gaya bahasanya asik dan yang dibahas pun bebobot. cerita travelingnya mampu menangkap point2 penting yang jauh lebih bermanfaat dari pada hanya sekedar share mengenai budgeting atau itinerary dr suatu trip. Aiya memang bukan org yang mainstream, thats why he's so unique. :) Hallo Aiya!! Malem itu krna gue sama nita udah cape banget , makan kita mutusin cuma untuk makan malem, dan jalan-jalan dipinggir pantai kuta sambil nikmatin cerita Aiya. no more parteyy. hiks. karena besok adalah hari yang panjang. we're ready to explore all mainstream places in bali. Whop!
Pagi-pagi gue dan nita udh jalan nyari nasi khas bali yg katanya enak itu buat sarapan. after breakfast, nita dan Aiya pergi buat sewa motor, yeah lo pasti udah tau kan kota satu ini udah kotanya motor. so, jdlah kita berkeliling dengan motor. gue naik motor boncengan sama nita, Aiya sendiri. tujuan pertama adalah tanah lot. setelah perjalanan panas, panjang, dan nanya jalan sana-sini (krn Aiya jg udh lama gak kesitu, udh lupa jalannya) akhirnya sampe juga kita di tanah lot. i dunno, gue ngerasa tanah lot gitu doang yah. gak sekece yg gue liat ditipi. oke gue akuin itu tempat emang fotogenic sih, bbrp kali gue ngambil foto, dan yap lebih kece dr aslinya. haha

dari tanah lot kita bergerak kearah pecatu. berniat menyambangi GWK, dreamland, uluwatu. yang berada sekitar situ. perjalan panjang yehh dr ujung ke ujung, pasti driver pegel deh (lirik nita :P). tapi GWK mampu mentransfer kembali energi kita. GWK gokil lah, konsep patung dan suasana yang ditawarkan kece banget. cant wait till the statue would be reunite. abis bernarsis-narsis ria kita lgsung ke Dreamland. sampe sunset abis. sumpe ye, dr kmrn gue gak liat gitu yg namanya sunset. padahal gue dibali. pas sunset itu gue ada dimana ya?? -___-" ya syukurlah pas di dreamland ngeliat juga sunset. tp sunset gak full krn abis ujan, jd sunsetnya gak clear.

krna cape, kita mutusin cukup sampe disitu dan balik ke kost. unfortunately, Aiya cuma bisa nemenin kita semalem, krn besok pagi2 mesti berangkat kesurabaya, for another trip. so we have to move. Aiya nemenin kita cari penginapan murah disekitar Popies lane II. after that niatnya sih mau ke sky garden, setelah mandi dan rapih, udh gak minat lagi, masih berasa jetlag sm yg rame2. tenaga juga udah sisaan. oh menjangan, aku ingin kembali padamu.. kuta is too hectic!!

1 komentar:

  1. hai salam kenal ya,

    kalo ada kesempatan jalan-jalan ke blog baru saya ya di litarachman.blogspot.com, jangan lupa kasih krtik dan saran juga ya,

    Terima kasih...

    BalasHapus