Mei 17, 2013

Bali Part 04 - there's always a lil bit surprise in every step ur way!

sayang banget Aiya cuma bisa ngehost satu malem aja. padahal kita bedua perlu bgt temen yang lebih ngerti soal bali. setelah Aiya nemenin cari penginapan, gue dan nita balik ke hostel dan bersih2. niat ke Sky Garden pun pupus, krn udah terlalu cape, setelah ngobrol mengenai rencana besok pagi akhirnya gue bedua ketiduran dikamar dengan kondisi pakaian, kamera, gadget,dimana-mana berantakan dan acak2an belom di packing masukin ke tas lagi.

pagi-pagi gue bangun dan langsung mandi, eh ternyata gak pagi-pagi juga sih. sinar mentari udh terang banget gitu, kondisi diluar sepertinya udah 3 matahari muncul. hmm,, kesiangan untuk melihat sunrise dipantai kuta. what sunrise??? jangankan sunrise. sunset kuta aja gue blom sempet liat. dan ini hari terakhir lohhhh.. hello ke bali gak liat sunset kuta? gak eksis bgt deh gue bedua.. what the? setelah rapih dan kece kita berdua brgkat menuju sukowati. tetetetet... pencet hp dan click navigation. kita menuju sukowati.. okeh layar GPS hape gue menunjukkan sukowati gak begitu jauh. selama perjalan.. si nita memutuskan berubah arah, menurut dy wktu kita masih lama, ngapain kl cuman ke sukowati, sedangkan pesawat balik adalah jam 23.40. okelah setalah diskusi panjang ditengah 5 matahari bali, akhirnya kita puter arah ke bedugul. kita bedua emang penasaran bgt sm bedugul, krn hr sebelumnya si Aiya sering cerita ttg ke kecean bedugul. Bedugul merupakan daerah bali yang berada di bagian puncak, disana ada pura dan danau. perjalanan bedugul kalo diliat dari GPS kurang lebih sekitar 2 jaman. it means itu sm aja kaya lo naik motor jakarta-bogor kali. so its gonna be a longg journey.. "belok kiri ret, belok kanan ret" gue nyoba buat jadi navigator ke si nita, awal-awal perjalanan sangat menyebalkan, krn mesti brjuang dikondisi matahari ada lima dan kanan-kiri lo adalah truk-truk atau bis-bis besar. maklum kita udh ngelwatin daerah sekitar terminal.



sejam perjalan kita mulai memasuki jalan yang mengecil dari yang sebelumnya kita lewatin, kanan-kiri mulai terlihat hijau sawah yang berundak-undak khas bali. udara mulai terasa sejuk dan rumah-rumah khas bali yang berjejer indah, rapih dan khas. bau-bau dupa dan bunga sesajen mulai tercium menambah kesan magis dr tempat ini. ahhh.. bali, kamu indh sekali dilihat dari sini, asal gak dilihat dari kuta yang riweuh bukan main.

GPS menunjukan 41km lagi menuju bedugul, atau sekitar 30 menit perjalanan. cant waitttt!!! tapi perjalan gue dan nita berhenti karna didepan keliatan hujan deras. kita berhenti neduh di tempat depan rumah yang punya usaha laundry. didepan tempat laundry tersebut ada warung kelontong yang bergantung spanduk bertuliskan warung bpk Made suastika. Hujan makin deras dan gak ada tanda- tanda berhenti. nita ngasih usul, gimana kalo motor kita titip di tempat laundry ini trus kita hitchiker ke bedugul. Spontan saran itu langsung gue iyain. no hard feeling sih ya, karna di bali itu cukup aman jadi gue sm nita percaya aja lgsung nitip motor dirumah orang yg bahkan kita gak kenal siapa dy sebelumnya. gak lama ibu pemilik laundry keluar, kita lgsung minta ijin buat nitip motor. si ibu mengiyakan dan menyuruh kami untuk memarkirkan motornya dihalaman dalam rumahnya. gue sempet moto-moto daerah sekitar tempat nitip motor. berat bgt rasanya jadi hitchiker, karena gak biasa dan urat malu belom keputus semua juga. alih-alih malu-malu hitchikernya ujung-ujung ya yg berenti adalah angkot. oh thanks god, gak perlu basa-basi busuk lagi.. :P

ternyata jalanan yang ada di41 km menuju bedugul bukanlah medan yang mudah dilewatin. apalagi buat cewe-cewe kece kaya kita yang belom biasa melewati jalan itu. jalannya punya belokan dan tikungan yang tajem. berulang kali nita bilang "tuhan baik yah, kita gak dikasih naik pake motor. hujan dan jalanan yang kaya gini bahaya banget pastinya". yes i'm definitely agree with her. actually its crazy to reach bedugul using a motor cycle if u ever know this way before. setelah setengah jam perjalanan, akhirnya sampailah kita dibedugul. kondisi tambah dingin. dengan pakaian yang harusnya buat kepantai.. hmm salah banget nih. tapi gak pedulilah ritual narsis-narsis ria foto-foto ala model wes dihajar. sampe bebrapa tourist dari india bingung ngeliatin gue berdua yg aneh sibuk bgt moto dan difoto..kalah deh american next top model juga :)) hahaha. after that kita makan diwarung depan bedugul laper bgt perjalan panjang.