Mei 29, 2013

Resensi Buku Flashpacking to London


Judul Buku : Flashpacking to London
Penulis : Deedee Caniago
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Harga : Rp58.000
Tahun terbit : 2013
Tebal : 260 halaman
Cover : softcover
Ukuran : 13.5 x 20 cm


“The world is a book and those who do not travel read only one page.” – St. Augustine


Punya rencana pergi ke London tapi masih bingung apa yang mesti dipersiapkan? Buku ini punya semua jawabannya. Mengulas segala sesuatu yang berkenaan selama persiapan dan apa saja yang diperlukan untuk menelusuri segala keindahan dan keunikan salah satu negara dibenua eropa ini.


Seperti buku-buku sebelumnya Deedee mencoba membantu kita semua yang memiliki rencana untuk ke London untuk mempersiapkan rencana kita sematang mungkin dengan tetap berpegangan pada taglinenya "traveling gaya koper otak ransel". Buku ini terdiri dari 13 bab, dimana 12 bab diantaranya merupakan catatan harian perjalanan deedee bersama teman-temannya selama berflaspacking ke London dan Belgia.


Diawal bab, Deedee juga mendeskripsikan secara jelas dan singkat mengenai travel management-checklist keberangkatan. Dari mulai alasan mengapa memilih London dan Belgia sebagai destinasi, bagaimana mendapat penginapan, transportasi apa saja yang akan digunakan selama disana dan bagaimana berapa budget dana yang dibutuhkan, bagaimana mengurus dan mendapatkan visa Inggris dan visa Schengen secara bersamaan, serta bocoran itinerary yang ia anggap sebagai "itinerary sakit jiwa".


Sebagai flashpacker deedee mengidentikkan dirinya sebagai traveler with style alias penjelajah kebanyakan gaya hal ini menguntungkan kita para pembaca untuk mencontek checklist barang bawaannya, sehingga kita juga tetap tampil gaya selama berFlashpacking.

Tidak hanya menceritakan bagaimana perjalannnya selama di london dan belgia, Deedee juga memberikan informasi dan pengetahuan dasar mengenai latar belakang tempat-tempat yang ia kunjungi, yang juga disertai dengan tips dan lesson learn ketika mendatangi tempat-tempat tersebut ataupun ketika menggunakan fasilitas umum. Buku dengan cover yang simple yang disertai foto Deedee bersama teman-temannya dan juga bendera Inggris adalah gambaran dari bagaimana luwesnya Deedee menceritakan pengalamannnya dengan gaya bahasa yang mudah dicerna oleh semua kalangan. Selipan curhat colongan yang sesekali ada membuat kita sebagai pembaca tak lagi menjadi pembaca, melainkan temannya yang sedang mendengarkan ceritanya. Buku ini juga dilengkapi dengan supporting links sehingga memudahkan kita dalam mencari informasi untuk persiapan ke London.


So, Happy Flashpacking!!!