Juni 06, 2009

WHEN TRAVELING IS NOT JUST ABOUT HAVING FUN

kehidupan kampus yang penuh tugas, ujian, dan kesibukan organisasi, kayanya hampir akan berlalu,, karena sebertar lagi Ho-Ho-HOlidays comming!!
yup, kayanya kita perlu rehat sejenak dari segala aktivitas itu,,
merelaxkan diri..untuk membangun semangat baru dan inspirasi baru..

hal terpenting kalau liburan adalah mengabadikan moment tersebut,,
pernah ga sih lo ngerasa pulang dari traveling holliday dan merasa hasil foto lo kurang menarik atau biasa ajah?? yah,, mungkin objek fotomu sudah oke, tapi cara pengambilan fotonya yang kurang tepat. supaya tidak terjadi lagi.. coba perhatikan beberapa tips berikut ini yang gw ambil dari majalah Shout..
1. andalkan cahaya matahari. lakukan pemotretan pada pukul 06.00-09.00 atau 15.00-18.00 wib (golden hour)
2. hindari sumber cahaya dibelakang objek. backlight akan menipu pengukuran cahaya dikamera mu, sehingga menghasilkan obyek berupa siluet.
3. untuk pemotretan disiang hari atau tempat terang, gunakan ASA dibawah 400. hindari pemilihan ASA terlalu tinggi karena akan menimbulkan bintik-bintik kecil difotomu. untuk malam hari atau ditempat yang agak gelap, gunakan ASA yang lebih tiinggi.
4. saat memotret ditempat yang minim cahaya, stabilkan posisi kamera sampai proses pengambilan gambar selesai. cara ini akan menghindarkan mu dari foto yang blur.
5. untuk foto bercitra rasa seni, perhatikanlah komposisi berikut :
  • pemilihan format foto horizontal/vertikal
format foto horizontal menimbulkan kesan lebar pada obyek, bisa diterapkan saat memotret pemandangan. sementara format foto vertikal menimbulkan kesan tinggi, bisa diterapkan pada obyek yang tinggi seperti gedung.
  • menentukan poit of interest dan peletakannya dalam foto
misalnya, saat memotret pemandangan, letakkan garis cakrawala ditengah-tengah jendela bidik kameramu hingga membagi dua langit dan daratan sama besar. untuk membuatnya lebih menarik, tentukan poit interest-nya. apabila langit lebih seru, letakkan garis cakrawala lebih kebawah hingga langit mendapat porsi lebih besar. hindari meletakkan objek ditengah. letakkan objek di sudut jendela bidik kamera, lalu sesuaikan sudut kanan, kiri, atas, atau bawah dengan background atau aktivitas obyek itu.
  • pemilihan background
apabila memotret obyek, baik itu benda atau orang, hindari latar belakang yang terlalu ramai atau menarik perhatian dari segi bentuk atau warna. hal ini akan membuat obyekmu kalah menarik dari latarnya.
  • perhatikan warna
warna-warna hangat seperti oranye,merah, dan kuning cenderung menarik perhatian dibandingkan warna-warna dingin sperti biru dan hijau. oleh karena itu, perhatikan warna poit of interestnya. jangan samapai kalah menarik dari warna latar belakangnya.

oke. have fun guys..
cz Ho-ho-hoLi-Holiday is coooooommmmmiiiiiinnnngggggg...!!