Juni 05, 2013

Derawan Part 01 - if you want to playing a game, this is the rules!



Derawan merupakan salah satu kepulauan yang terletak di kalimantan timur. Derawan menjadi salah satu destinasi wisata wajib di dalam list gue karena beberapa alasan, antara lain :
1. Derawan merupakan salah satu pulau cantik di Indonesia yang merupakan pintu masuk untuk 3 pulau cantik lain disekitarnya antara lain pulau Sangalaki, Maratua dan Kakaban, dimana kalian bisa berenang , snorkling, diving, mancing, dsb.
2. Pulau Maratua merupakan pulau cantik yang disana terdapat penginapan atau cottage resort mewah.
3.  di Pulau Sangalaki terdapat penangkaran penyu hijau, jika lo beruntung lo  bisa liat para penyu atau pun tukik-yukik yang baru menetas
4. di Pulau Kakaban trdapat ubur-ubur yang tidak menyengat "stingless jelly fish" yang cuma ada dua didunia. yaitu di Indonesia (derawan) dan di Filipina.
4. Di pulau sangalaki juga kalian bisa liat Manta Fish. ikan yang berukuran sangat besar dan berentuk seperti ikan pari

Nah kalo kalian berencana akan ke Derawan, sebaiknya persiapkan matang-matang rencana ini. kalo menurut gue pribadi ada beberapa syarat untuk pergi ke derawan, terutama untuk kalian yang mengurus sendiri perjalan kalian kesana.
1. jumlah orang yang cukup
2. uang yang cukup
3. waktu yang cukup

oke gue akan menjelaskan masing-masing syarat itu.
pertama orang yang cukup. setiap kali travelling kalian pasti membutuhkan teman, nah jumalh orang yang ikut untuk perjalanan ke Derawan sebaiknya berjumlah 4 orang atau kelipatannya. kenapa? hal ini berpengaruh pada transportasi yang akan kalian gunakan selama disana. sebagian bsar transportasi menuju derawan adalah menggunakan speedboad, dan ukuran speedpaling kecil adalah berjumlah 4 orang atau 5 orang berikut dengan supirnya. atau ketika kalian menggunakan angkot yang disebut oleh masyarakan kalimantan dengan taksi (tapi sebenarnya mobil avanza/xenia sejenisnya) yang juga hanya cukup untuk maksimal 5 penumpang atau 6 penumang bersama dengan supirnya. jika jumlah kalian kurang dari itu bukan berarti tidak bisa, hanya saja sharing cost yang akan kalian keluarkan jauh lebih besar.



kedua. uang yang cukup. derawan termasuk pulau yang jauh di ujung kalimantan timur. semua barang-barang kebutuhan disana diambil dari pulau jawa dan kalimantan. Sulitnya transportasi menuju kesana menyebabkan harga barang-barang yang ada disana beberapa persen lebih mahal dibandingkan dipulau jawa. Jadi bawalah uang cash yang cukup, karena disana tidak akan ditemukan atm. lebih baik mengambil uang ditarakan, karena sepanjang perjalanan mmenuju tanjung selor, tanjung batu atau berau hampir sulit menemukan atm. mungkin ada beberapa di berau tapi pasti akan sulit mencarinya. so, better you prepare!

Ketiga, waktu yang cukup. hal ini berkaitan dengan jalur mana yang akan lo lewati untuk menuju derawan. jika menggunakan jalur darat pastinya akan memakan waktu lebih lama. jadi lebih baik sediakan waktu dua hari  untuk perjalan menuju ke derawan pulang  pergi, diluar waktu rencana stay kalian di Derawan.

How To get There!
ada beberapa alternatif jalur menuju derawan dari Jakarta, dan setiap jalur pastinya memiliki experience yang berbeda-beda pula. berikut beberapa jalur menuju Derawan :

Jalur Pertama
Jakarta-Samarinda (pesawat)
- Samarinda - Berau, 14 Jam Perjalanan Darat menggunakan taksi (angkutan umum sejenis xenia/avanza), karena saya belum pernah lewat jalur ini, saya belum tau berapa cost yang dikeluarkan.
- Berau - Tanjung Batu, 2 Jam perjalanan Darat, menggunakan taksi (angkutan umum sejenis xenia/avanza), biaya Rp50.000/orang
- Tanjung Batu - Derawan, 1 jam menggunakan boat, biaya Rp50.000/orang

Jalur Kedua
- Jakarta - Balikpapan (pesawat)
- Balikpapan - Berau (pesawat)
- Berau - Tanjung Batu,  2 Jam perjalanan Darat, menggunakan taksi (angkutan umum sejenis xenia/avanza), biaya Rp50.000/orang
- Tanjung Batu - Derawan, 1 jam menggunakan boat, biaya Rp50.000/orang

Jalur Ketiga
- Jakarta - Tarakan (pesawat)
- Bandara tarakan - Pelabuhan Tarakan, 15 menit (taksi/angkutan umum)
- Pelabuhan Tarakan - Derawan, 4 jam menggunakan boat yang harus di sewa.

Jalur Keempat
- Jakarta - Tarakan (pesawat)
- Bandara tarakan - Pelabuhan Tarakan, 15 menit (taksi/angkutan umum)
- Pelabuhan Tarakan - Tanjung Selor, 2 jam menggunakan boat, biaya Rp80.000/orang, tiket dapat langsung dibeli di pelabuhan.
- Tanjung selor - Berau, 2 jam menggunakan taksi (angkutan umum sejenis xenia/avanza), biaya Rp50.000/orang sampai Rp70.000/orang
- Berau - Tanjung Batu, 2 jam menggunakan taksi (angkutan umum sejenis xenia/avanza), biaya Rp50.000/orang
- Tanjung Batu - Derawan, 1 jam menggunakan boat, biaya Rp50.000/orang

*) untuk jalur keempat ini sebenernya kalian bisa langsung dari tanjung selor menuju tanjung batu dengan lama perjalanan kurang lebih 4 Jam dan biaya sekitar Rp70.000/orang

Dari beberapa opsi tersebut kami mencoba jalur ke empat untuk keberangkatan dan jalur ketiga untuk kepulangan.