Juni 17, 2013

Derawan Part 06 - Mission Accomplish!

karena letih seharian hoping island, kita jadi tidur lebih cepat dari biasanya. Very sampe bbm berkali-kali nungguin kita bertiga buat menggemparkan meja dan ruang kumpul karoke, karena terlalu didominasi oleh bapak-bapak bersuara tenor yang menyanyikan lagu ebit g ade atau anyer-jakarta. hahahaha. tapi apa daya, gue, mba amy dan tika tepar. bangun-bangun ketika jam 3 pagi, dimana diluar hujan angin yang deras dan petir menyambar-nyambar. saya bangun keinget sama jemuran diluar cyiinnnnn eyaolohh.. maksud hati mau dikeringin, eh tau-tau udah basah semuanya itu yang dijemur, bikin berat bawaan besok balik aja deh. huh.

ya pagi ini kita rencana akan balik ke tarakan. setelah ngobrol sama galang, dia bantu carikan speed yang akan berangkat langsung ke tarakan dan kebetulan hanya ada hari minggu ini. saya dan tika sebenernya mau jika ada speed yang berangkat minggu pagi, tapi karena tidak bs dipastikan lebih baik ambil yang hari minggu. kami gak mau resiko ketinggalan pesawat, meskipun jadwal penerbangan kami adalah senin malam, dan waktu tempuh derawan tarakan hanya 3 jam., but who knows?

sebenarnya tidak ada speed yang sengaja mengangkut penumpang dari derawan ke tarakan kecuali kalian menyewa speed tersebut. tapi karena ada Galang, dia membantu kami untuk mencarikan speed yang kebetulan membawa rombongan dan akan langsung menuju tarakan. dia menitipkan kami kepada temannya, dia bilang cukup bayar uang rokok. eits,
uang rokok nya bukan 15ribu ya, tapi Rp200.000/orang, buat saya dan tika itu gak masalah karena jumlah uang yang dikeluarkan hampir sama dengan jika kami melewati tanjung selor dan tanjung batu yang memakan waktu lebih lama, tapi sayangnya rencananya speedboat yang akan mengantar kami akan berangkat pukul 8 pagi. oh whattt!! pagi bener, nyawa belum nyatu dan masih belum mau move on dari derawan pleaseeee.. untungnya hingga pagi hari masih juga hujan, jadi keberangkatan diundur dan sekitar jam 10 kami berangkat dari derawan menuju tarakan. sayangnya kami gak bisa pamitan sm very karena dia masih tidur, setelah memeluk mba amy dan berterimakasih pada galang atas semua bantuannya, kami kembali kekenyataan hidup lagi..hahahaha.

perjalanan ke tarakan yang memakan waktu tiga jam sungguh amat menyakitkan. pasalnya ombak yang lumayan masih tinggi bikin pantat sakit karena harus loncat-loncat diatas speedboat yang tidak memungkinkan untuk tidur karena berasa naik mobil offroad yang harus terus waspada dan gak ada senderannya cyinnn, mau bobok gimana cucok deh ah. salah satu penumpang yang awalnya heboh, terus gak lama mabok laut akhirya terpaksa tiduran dilantai speedboat. untungnya speedboat ini berukuran besar, yang mampu menampung kurang lebih 20 orang. perjalanan ke tarakan gak mulus gitu aja, speedboat beberapa kali tandas alias mogok karena air sungai yang dilewatin terlalu pendek,jadi baling-baling speedboar tersangkut dilumpur atau pasir. kami sempet terombang-ambing selama beberapa jam. seharusnya jam 1 siang kami sudah ada ditarakan, tapi karena hal tersebut kami baru sampai di tarakan jam 14.30 sambil menahan rasa pengen pipis alias kebelet. ya ampunnn gak tenang sepanjang 4 jam perjalanan nahanin pipis.

Sampai di Tarakan, kami kembali di jemput oleh Lendro, teman abangnya tika untuk kemudian diantarkan mencari penginapan murah. kami menginap semalam ditarakan, menghabiskan waktu mencari bubur yang mirip dengan yang kami makan sebelumnya, kemudian jalan-jalan ke mall yanag ada di tarakan atau lebih tepatnya seperti pasar pagi yang ada dijakarta, untuk sekedar makan KFC, kemudian karoke di NAV Tarakan, dan mencari oleh-oleh. di tarakan we have a lot of money, its like a revenge, so we using our money just to have fun and buy anything that we want. hahaha. sampai akhirnya sore hari lendro mejemput kami kembali untuk megantarkan kami kebandara. setelah berterimakasih kepada lendro karena telah membantu dua orang wanita cantik yang keren menyelesaikan misi mereka untuk umroh ke derawan, kami masuk kebandara dan menunggu pesawat lion air mengantarkan kami kembali ke jakarta. perjalanan pulang ke jakarta agak lumayan bikin jantung degdegan, karena lampu tanda kenakan seatbelt tidak kunjung dimatikan, lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa sekali dan terjadi beberapa kali. saya yang gak bisa diem, beberapa kali mengintip pramugari-pramugari yang kelihatan dari tempat duduk saya, just to make sure are they oke? relax or not? karena, kata ada yang bilang, kalo pesawat lagi dalam keadaan turbulence, liat aja pramugarinya, kalau mereka santai-santai aja masih ngobrol dan melakukan aktivitasnya, its oke. tapi kalo muke pramugarinye tegangggggggg... akhh.. banyak-banyak baca doa aje ente.. amit-amit ya allah. untungnya pesawat tersebut mengantarkan kami dengan selamat samapi tujuan, meski cuaca pada saat itu kurang bagus dan hujan.

Alhamdulillah Mission Accomplish. just cant wait for another Trip.. woohoooo!!!

berikut beberapa catatan untuk kalian dalam melakukan perjalanan ke Derawan
- pilih jam penerbangan paling malam untuk kepulangan.
- jika menggunakan jalur tanjung selor-tanjung batu sebaiknya sediakan waktu satu hari sebelum perjalanan kederawan dan satu hari setelah perjalanan ke derawan, kecuali menggunakan travel agent.
- gunakan provider telkomsel atau XL jika mau dapet sinyal bagus. (bukan promo)
- jika ada kenalan di tarakan, bisa titip minta dibelikan tiket speed menuju ke tanjung selor, tapi janga lupa perkirakan waktu kedatangan pesawat mu ke tarakan.
- biasakan bertanya kepada petugas keamanan, atau yang berseragam resmi.
- jaga kesopanan dalam berpakaian dalam perjalanan menuju ke derawan.
- bawa obat-obatan P3K dan obat-obatan lainnya yang biasa digunakan. jagan lupa bawa antimo dan vitamin.
- gunakan sendal gunung atau treking ketika akan hoping island ke kakaban
- jangan mencet-mencet ubur-ubur seenaknya ya! kasian, tolong dijaga dengan baik.
- jangan gunakan fins ketika berenang di danau kakaban
- kalau memilih menggunakan speedboat langsung dari tarakan, jangan lupa pipis dan poop dulu. kalo gak kepengen, dipengen-pengenin aja biar gak repot nahan pipis selama perjalanan. dan jangan minum banyak air selama dispeedboat biar gak kebelet.
- jika menggunakan speedboat sebaiknya siapkan kacamata hitam anti UV,  jaket, masker, syal/topi untuk menutupi rambut dan kepala dari angin,dan jangan lupa pake sunblock!
- selalu buka kesempatan untuk berbicara dengan orang lain. sehingga, kamu bisa saling tukar informasi.
- untuk penyewaan speedboat untuk hoping island bisa menghubungi Mas Galang (081253647667) sedangkan untuk guide dan penginapan, bisa menghubungi Very.
- untuk transportasi tanjung selor- berau, berau-tanjung batu atau tanjung selor-tanjung batu bisa hubungi pak obang (08125823180)
- untuk informasi lainnya sila message saya lewat facebook, maybe i can help you.